Sabtu, 30 Juli 2011

[Anime] NUBE (Jigoku Sensei Nube)

Nube: Guru Ahli Roh, dengan judul asli Jigoku Sensei Nube (地獄先生ぬ~べ~ Jigoku Sensei Nūbē?), adalah serial manga yang diciptakan atas kerjasama dari seorang penulis bernama Shou Makura dan seniman bernama Takeshi Okano dalam majalah komik Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha.

Tokoh dalam cerita Nube: Guru Ahli Roh dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok menurut perannya dalam cerita tersebut.
  • Kelompok pertama adalah guru-guru dan staf sekolah di SD Dōmori yang sudah dewasa, yang dalam cerita berperan sebagai pengajar dan membantu murid-muridnya dalam setiap kesusahan. Dalam serial Nube: Guru Ahli Roh, hanya ada beberapa guru yang muncul dalam cerita. Tokoh Nube termasuk dalam kelompok ini. Guru lainnya yaitu Ritsuko Takahashi, Pak Ishikawa, Kuroi Mami, dan Pak Ootsuki.
  • Kelompok kedua adalah murid-murid SD Dōmori yang memiliki karakter dan watak yang berbeda-beda. Kebanyakan tokoh yang termasuk dalam kelompok ini merupakan murid kelas 5-3, yaitu kelas yang dibimbing oleh Nube. Beberapa tokoh dalam kelompok ini juga berasal dari kelas lain, yang kemunculannya sangat jarang dalam serial Nube. Kebanyakan tokoh utama dalam serial Nube berasal dari kelas 5-3, seperti misalnya Hiroshi Tateno, Kyoko Inaba, Miki Hosokawa, Katsuya Kimura, Makoto Kurita, dan lain-lain.
  • Kelompok ketiga adalah siluman maupun makhluk supranatural. Biasanya tokoh yang termasuk dalam kelompok ini kemunculannya hanya sekali dalam satu episode, namun beberapa di antaranya tidak hanya muncul dalam satu episode saja, karena memiliki hubungan dengan Nube. Tokoh tersebut misalnya siluman rubah bernama Tamamo, gadis salju bernama Yukime, dan seekor putri duyung bernama Hayame.
  • Kelompok keempat adalah tokoh lain yang tidak termasuk ke dalam tiga kelompok di atas. Tokoh dalam kelompok ini dekat dengan Nube, namun kemunculannya jarang. Tokoh tersebut misalnya Izuna Hazuki, seorang gadis yang memiliki pengetahuan mengenai dunia roh, seperti halnya Nube, namun sering melakukan tindakan yang ceroboh. Tokoh lainnya adalah seorang bhikshu yang tamak dan suka menipu bernama Osho.

Manga ini terdiri dari beberapa bab. Biasanya setiap bab memiliki cerita yang berbeda. Topik utama dalam serial Nube adalah makhluk supranatural dan fenomena misterius, maka kebanyakan episode menceritakan kisah pertemuan antara makhluk supranatural dengan salah satu murid Nube. Seringkali murid Nube terlibat konflik dengan makhluk tersebut, namun beberapa di antaranya bersifat baik dan cerita diakhiri tanpa adegan kekerasan. Ketika makhluk atau roh jahat menyerang salah satu muridnya, Nube turun tangan dengan kekuatan "Tangan Setan" yang dimilikinya untuk menyingkirkan makhluk tersebut. Apabila salah satu muridnya mengalami suatu fenomena misterius, maka Nube dan muridnya mencari pemecahan masalah bersama-sama. Kebanyakan fenomena tersebut disebabkan oleh roh maupun makhluk supranatural, namun beberapa fenomena disebabkan tanpa sengaja oleh tokoh itu sendiri. Selain roh jahat dan fenomena misterius, konflik dalam cerita Nube kadangkala disebabkan oleh tokoh antagonis, tetapi sangat jarang muncul. Untuk masalah roh jahat, biasanya Nube menyelesaikannya dengan kekuatan "Tangan Setan", namun masalah yang dialami oleh murid Nube tidak selamanya terselesaikan oleh kekuatan tersebut. Dalam setiap akhir cerita, Nube dan muridnya biasanya mengambil hikmah dari peristiwa yang dialaminya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share